Rekayasa Kebutuhan - Tugas 2

Berikut adalah SKPL yang saya gunakan


Existing System Information

Perkembangan untuk mendapatkan suatu informasi dari dulu hingga sekarang mengalami perubahan yang sangat pesat, apa lagi di zaman sekarang informasi sangat mudah dan cepat di dapatkan melalui internet. Perkembangan teknologi dalam bidang informasi semakin maju dan banyak dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan manusia diberbagai bidang. Sistem pelayanan yang dilakukan di mayoritas desa saat ini masih menggunakan sistem yang manual. Namun, di masa pandemi covid ini kita dihimbau untuk mengurangi kontak langsung antar warga desa. Oleh Karena itu kami membuat jalan keluar yaitu dengan Sistem layanan desa berbasis website. Sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah warga untuk mendapatkan pelayanan dari kantor desa.

Stakeholder Needs

Terdapat 2 stakeholder yaitu warga dan administrator
    1. Warga 
        • Log in
        • Melihat status pengajuan dokumen
        • Meng-upload berkas pengajuan dokumen
        • Melihat status pengiriman dokumen
        • Log out
    2. Administrator
        • Log in
        • Mengelola akun warga
        • Melihat list pengajuan dokumen
        • Melihat status pengajuan dokumen
        • Menginputkan berkas pengajuan dokumen
        • Memverifikasi dokumen
        • Melihat status pembayaran pengiriman dokumen
        • Melihat status pengiriman dokumen
        • Log out

Organizational Standards

Organisational Standards adalah standar yang diterapkan suatu organisasi dalam proses pengembangan apliaksi, kualitas aplikasi, dan lain-lain. Beberapa standar yang diterapkan untuk aplikasi survei ini, antara lain:

    - Aplikasi dikembangkan menggunakan PHP, HTML

    - DBMS yang digunakan adalah MYSQL

    - Tampilan antarmuka aplikasi terlihat sederhana

    - Aplikasi dapat dijalankan di berbagai sistem operasi menggunakan browser

    - Karena sistem ini bersifat online, maka dibutuhkan koneksi internet dalam         mengakses halaman website Sistem Pelayanan Dokumen Desa Linggajaya.

Regulations

Regulations adalah regulasi atau aturan eksternal yang harus diterapkan pada sistem. Contoh aturan yang diterapkan di aplikasi ini, antara lain:

   - Penyusunan survei kepuasan harus sesuai dengan Peraturan Menteri       Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

    - Aplikasi menjamin keamanan data personal responden

    - Aplikasi tidak mendiskriminasi responden berdasarkan SARA

Domain Information

Domain Information adalah informasi umum tentang domain dari sistem. Pada aplikasi ini, domain sistemnya adalah form pengajuan dari warga. Form pengajuan ini nantinya akan berisi data diri warga dan pengajuan layanan kepada kantor desa Linggajaya. Yang nanti akan dikelola dan dilayani oleh aparatur desa.

Comments

Popular Posts